No announcement available or all announcement expired.

Serial Reformasi Umrah: Ditjen PHU Lakukan FGD Blueprint Penyelenggaraan Ibadah Umrah

Serial Reformasi Umrah: Ditjen PHU Lakukan FGD Blueprint Penyelenggaraan Ibadah Umrah. Sumber: Haji Kemenag.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) terus mengintensitaskan percepatan pengembalian reputasi penyelenggaraan umrah dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) Blueprint Penyelenggaraan Ibdah Haji sebagai pedoman dalam Key Performance Indicators (KPI) dalam pengukuran keberhasilan.

“Key Performance Indicators (KPI) ini penting dalam menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran reformasi umrah”, ujar Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis Rabu (25/4) saat membuka FGD di Kantor Kemenag Lapangan Banteng Jakarta.

Lanjut Yanis, “Ini akan menjadi alat untuk menilai keadaan dan menentukan suatu tindakan terhadap keadaan yang berkembang nantnya”.

FGD diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari praktisi perencanaan, hukum, sosial, haji dan umrah. FGD ini akan terus dianjutkan dengan 8 pertemuan yang akan membahas beberapa tematik terkait pembinaan, pencegahan dan penindakan penyelenggara ibadah umrah.

Ditjen PHU beberapa waktu lalu telah memberikan sanksi kepada 7 (tujuh) PPIU dan 6 (enam) BPW yang dilaporkan ke Bareskrim Polri karena tidak mempunyai izin penyelenggaraan umrah dari Kemenag.

Perusahaan yang terkena sanksi adalah; PT. Mulia Wisata Abadi, PT. Senabil Madinah Barakah, PT. Al Aqsa Jisra Dakwah, PT. Mediterania Travel, PT. Muaz Barakat Safar, PT. Pandi Kencana Murni, dan PT. Mustaqbal Lima Wisata.

Adapun perusahan yang dilaporkan ke Bareskrim Polri yaitu; PT. Baitussalam Papua Tour & Travel, PT. Al Fatih, PT. Uslub, PT. NUr Medinah Intermedia, PT. E-Consultan, PT. Baburrahman dan baru-baru ini adalah PT. Rumi (Rumah Manasik Indonesia).

Penegakan hukum ini terus akan berlanjut sesuai dengan 4 Aksi Nyata Dalam Reformasi Umrah, yaitu: Pertama, Penegakan Hukum; Kedua, Penandatanganan Pakta Integritas; Ketiga, Gerakan 1.000 Stiker Umrah; Keempat, Pembentukan Panitia Khusus.

Sehubungan dengan itu, menurut Kasubdit Pembinaan Umrah M. Arfi Hatim bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan Peluncuran Edukasi Pembinaan Perjalanan Ibadah Umrah. Pesan yang akan disampaikan adalah 5 (lima) pasti: (1) Pastikan Travel Berizin, (2) Pastikan Penerbangan dan Jadual Keberangkatan, (3) Pastikan Program Layanannya, (4) Pastikan Hotelnya, dan (5) Pastikan Visanya

Share